Dunia, Washington - Selama kampanye, Presiden Terpilih Amerika Serikat Donald Trump terus koar-koar bersumpah akan menghapus jaminan kesehatan Obamacare yang telah dibuat Presiden Barack Obama sejak 2010. Trump juga berjanji bakal mencabut Undang-Undang tentang Perawatan Terjangkau.

Dikutip dari laporan Washington Post, Trump ingin segera menghapus Obamacare setelah dia dilantik menjadi presiden. "Kami akan melakukannya, dan kami akan melakukannya dengan sangat, sangat cepat. Ini adalah bencana," ujar Trump, Rabu, 9 November 2016.

Baca: Trump Presiden AS: Ini Kata Putin, May, El-Sisi & Xi Jinping

Ketua DPR, Paul D. Ryan juga menyuarakan hal yang sama. Ia mendukung pencabutan jaminan kesehatan yang telah menampung sekitar 20 juta jiwa warga Amerika miskin itu. "Sekarang kita memiliki Presiden Trump, yang meminta kita untuk melakukan hal ini."

Undang-Undang Perawatan Terjangkau sudah diberlakukan Obama sejak 2010. Asuransi itu membawa perubahan luas pada sistem perawatan kesehatan di Amerika. Wakil Presiden di Kaiser Family Foundation, Larry Levitt kaget dengan rencana Trump tersebut. "Saya tidak berpikir telah terjadi pembalikan manfaat publik yang akan besar seperti ini," kata Levitt.

Baca: Pemilu AS: 10 Hal Kontroversial tentang Donald Trump

Saat ini pendukung ACA (Affordable Care Act) telah memulai serangan balasan untuk menyalakan opsisi. Mereka berniat menggalang dukungan untuk menolak rencana Trump dari akar rumput. Berbagai kalangan bermunculan menolak rencana itu.

Rencananya, Obama akan memveto Undang-Undang itu. Menurut kritikus ACA, mantan Sekretaris Wakil Kepala Kesehatan Amerika, Tevi Troy menjelaskan bahwa itu adalah strategi yang bisa diambil Obama.

WASHINGTON POST | AVIT HIDAYAT

Baca juga:
Jika Donald Trump Menang, Ini Program Kerja 100 Harinya
Pemilu AS: Warga Amerika Bikin Situs Imigrasi Kanada Jebol