Bola, Jakarta - Keberhasilan Liverpool dan Chelsea bergantian memuncaki Liga Primer Inggris pada pekan ke-11 tak bisa dilepaskan dari peran ketajaman lini serang mereka. Liverpool menjadi tim terkuat dalam hal mencetak gol di Liga Inggris dengan membukukan 30 gol dalam 11 laga sementara Chelsea menguntit di posisi kedua dengan 26 gol.

Raihan itu tak bisa trio penyerang yang mereka miliki. Di kubu Liverpool, tiga pemain yang mengawal lini serang mereka adalah Phillipe Coutinho, Roberto Firminho, dan Sadio Mane. Sementara di kubu Chelsea, trio Eden Hazard, Diego Costa dan Pedro Rodriguez menjadi andalan Manajer Antonio Conte.

Trio HCR (Hazard, Costa, dan Rodriguez) milik Chelsea lebih unggul dalam perolehan gol. Total mereka telah membukukan 18 gol dalam 11 laga. Costa menjadi penyumbang gol terbanyak dengan 9 gol yang sekaligus menempatkannya sebagai pemimpin daftar pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris. Sementara Hazard membukukan 7 gol dan Rodriguez 2 gol.

Di kubu Liverpool, trio RPM (Roberto, Phillipe, dan Mane) tertinggal 2 gol saja dari trio HCR. Mane menjadi pencetak gol terbanyak dengan 6 gol sementara Roberto Firminho dan Phillipe Coutinho masing-masing telah menyumbang 5 gol.

Namun trio RPM lebih unggul dalam hal tembakan ketimbang trio HCR. Mereka membukukan 101 tembakan yang 42 diantaranya mengarah ke gawang sementara trio HCR hanya membukukan 81 tembakan dan 38 diantaranya mengarah ke gawang.

Kolaborasi ketiga pemain itu juga tercatat telah menciptakan 75 peluang bagi kubu Liverpool. Unggul jauh dari trio Chelsea yang hanya membukukan 47 peluang.

Dalam hal assit trio Liverpool juga sedikit lebih unggul ketimbang trio Chelsea. MEreka membukukan 10 assist diantara mereka sementara Chelsea hanya membukukan 9 assist.

Jika dilihat dari performa musim ini, trio Liverpool juga tampaknya lebih teruji ketimbang trio Chelsea. RPM telah berhasil membawa Liverpool menundukan dua tim besar musim ini, Arsenal dan Chelsea. Sementara trio Chelsea tampaknya hanya digdaya ketika menghadapi tim kelas dua.

Mereka tak bisa berbuat banyak ketika Chelsea dikalahkan Liverpool dan Arsenal. HCR hanya berhasil membawa The Blues unggul dari Manchester United sebagai satu-satunya tim besar yang mereka tundukan di awal musim ini. Itu pun dengan catatan United masih belum mampu bangkit dari keterpurukannya musim ini.

DAILYMAIL | TRANSFERMARKT | FEBRIYAN

Baca:
Adakah Indikasi Politik Uang di Kongres PSSI? Ini Temuan SOS
Ibrahimovic Optimistis Antar Man United Juara Liga Inggris