Dunia, New York - Presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump, mengisi seperempat anggota tim transisinya dengan keluarga dan kerabat dekat. Tim transisi itu akan membantu Donald Trump untuk memilih anggota kabinet barunya.

Empat dari 16 tim komite itu terdiri atas tiga anaknya, Ivanka, Eric, dan Donald Junior, serta menantunya Jared Kushner. Sebagai ketua tim transisi, Trump menunjuk Mike Pence. Ivanka Trump, 35 tahun, adalah seorang ibu tiga anak.

Selama masa kampanye, Ivanka bertugas sebagai juru bicara saat rapat umum. Ia juga berjasa memperkenalkan ayahnya sebagai calon Presiden dari partai Republik. Eric Trump adalah Wakil Presiden Eksekutif pembangunan dan akuisisi di organisasi Trump.

Eric mendirikan Eric Trump Foundation yang mencari uang untuk rumah sakit penelitian anak-anak. Eric juga mengawasi 18 lapangan golf milik ayahnya. Donald Trump junior juga merupakan Wakil Presiden Eksekutif di Organisasi Trump.

Eric, anak sulung Trump yang berusia 38 tahun, itu juga menjadi penasehat tamu di The Apprentice. Kushner, 35 tahun, adalah lulusan Harvard. Ia menikahi Ivanka pada 2009 dan dipandang sebagai arsitek kampanye media sosial Donald Trump.

Masuknya Pence sebagai kepala tim transisi membuat Trump menjadi presiden pertama setelah Jimmy Carter yang menggunakan wakilnya untuk melaksanakan tim transisinya. "Bersama-sama, kita akan memulai tugas mendesak membangun kembali bangsa ini. Khususnya pekerjaan, keamanan, dan kesempatan," kata Trump.

Adapun tim transisi bertanggung jawab untuk membantu Trump menentukan para anggota kabinet, sejumlah posisi kunci, serta seribu jabatan lain yang berada dalam koordinasi pemerintahan Donald Trump.

Keputusan Donlad Trump mengajak anak-anaknya menjadi anggota tim transisi menimbulkan pertanyaan. Sebab, Trump sebelumnya mengatakan bahwa anak-anaknya tidak akan mengikuti dia ke Gedung Putih.

MAYA AYU PUSPITASARI | THE INDEPENDENT