faktabuaya.blogspot.com, Surabaya - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur, Komisaris Besar Prabowo Argo Yuwono mengatakan unjuk rasa gabungan organisasi massa Islam di Jakarta, 4 November 2016, kemungkinan tidak sampai merembet ke Jawa Timur. "Sejauh ini belum ada surat pemberitahuan demo yang masuk ke kami," kata Argo kepada Tempo, Selasa, 1 November 2016.

Sejauh ini, surat pemberitahuan demonstrasi yang telah diterimanya hanya dari sejumlah organisasi buruh. Termasuk, unjuk rasa hari ini yang dilakukan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia di depan Kantor Gubernur Jawa Timur.

Meski demikian, Polda Jawa Timur tetap mengantisipasi bila sewaktu-waktu ada unjuk rasa pada 4 November 2016. "Kami selalu siap." Unjuk rasa rencananya akan diikuti sekitar 500 ribu orang. Rencana unjuk rasa itu adalah buntut ucapan gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang dianggap menistakan Islam dengan mengutip Al-Quran Surat Almaidah ayat ke-51 saat berada di Kepulauan Seribu.

Polisi menyatakan Jakarta dalam keadaan siaga satu. Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal M. Iriawan mengatakan telah menyiapkan hampir 20 ribu personel untuk mengamankan ibu kota sehubungan dengan rencana unjuk rasa itu. Personel itu merupakan personel gabungan antara Polri, TNI, dan instansi terkait lainnya.

Sebelumnya dikabarkan bahwa sebanyak 5.630 personel Brigade Mobil gabungan dari sejumlah polda disiapkan untuk mengamankan Jakarta. Sistem pengamanannya akan dibagi dalam tujuh wilayah, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bandara Soekarno-Hatta, dan personel siaga.

NUR HADI