Nasional, Jakarta - Hujan deras yang mengguyur Kota Bandung sejak siang, Ahad, 13 November menyebabkan sejumlah wilayah dihantam banjir bandang dan pohon tumbang. Sedikitnya ada 11 titik pohon tumbang dan 5 lokasi di Kota Bandung yang diterjang banjir bandang.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengatakan, pohon tumbang diakibatkan hujan deras disertai angin menerjang Kota Bandung sejak siang. Akibatnya pohon tumbang terjadi di sebelas lokasi dan menimpa sejumlah kendaraan."Untuk sementara mohon hindari kawasan yang terkena pohon tumbang. Kami sedang menangani," ujar Ferdi melalui pesan singkat, Ahad, 13 November 2016.

Ia menyebutkan, 11 titik terjadi pohon tumbang itu terjadi di Jalan Pagarsih, Sukajadi, Otista, Perintis, Delag, Malabar, Stasiun Timur, Berantas, Jatayu, Ambon, dan jalan Setra Indah."Sebagian sudah kami tangani," ujarnya.

Sementara itu banjir bandang pun menerjang sedikitnya 5 lokasi di Kota Bandung. Di Jalan Pagarsih, aliran Sungai Citepus meluap hingga meluber ke jalan raya. Tinggi genangan air di Jalan Pagarsih mencapai 70 centimeter.

Kepala sub bagian Hubungan Masayarakat Kepolisian Resor Kota Besar Bandung Komisaris Polisi Reny Martha mengatakan, selain di kawasan Pagarsih, banjir bandang pun menghantam kawasan Arjuna, Sarijadi, Gegerkalong dan Pasirkoja.

"Di kawasan Arjuna, Kecamatan Cicendo, banjir mengakibatkan 10 rumah rusak dan belasan alat rumah tangga hanyut," ujar Reny. Banjir di kawasan Arjuna diakibatkan oleh meluapnya Sungai Cikakak.

Ia mengatakan, air yang masuk ke pemukiman warga mencapai 1,60 meter. Namun, banjir bandang tersebut tak berlangsung lama. Satu jam kemudian air berangsur surut."Untuk korban yang terseret arus nihil, sekitar Jam 14.00 Wib genangan air surut," kata dia.

IQBAL T. LAZUARDI S.