faktabuaya.blogspot.com, Jakarta - Masa depan Wayne Rooney di Manchester United, semakin suram saja. Kapten timnas Inggris yang akhirnya ditampilkan oleh Jose Mourinho dalam pertandingan melawan Burnley akhir pekan lalu itu ternyata tak memberi pengaruh baik bagi timnya.

Dalam pertandingan di Old Trafford itu, pasukan Setan Merah hanya bermain imbang tanpa gol. Meski menguasai pertandingan, termasuk dalam hal penguasaan bola dan jumlah tendangan ke gawang lawan, United harus puas dengan hasil tersebut. Mereka pun kini hanya berada di papan tengah.

Tak pelak, masa depan Rooney menjadi perbincangan hangat. Kabar bahwa ia akan dilepas Mourinho—sang pelatih menyebut pemain ini tetap menjadi bagian penting dalam timnya—kian santer.

Sebelumnya dikabarkan klub MLS, Los Angeles Galaxy, membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pencetak gol terbanyak untuk timnas Inggris itu. Kehadiran Rooney dianggap bisa menggantikan Steven Gerrard, yang lebih dulu bermain di sana.

Kabar lainnya datang dari negeri sendiri. Everton, klub awal Rooney sebelum pindah ke Manchester United pada 2004, disebut-sebut siap menampung sang pemain.

Ronald Koeman, manajer Everton, ketika ditanya wartawan setelah menang 2-0 atas West Ham, bereaksi positif soal kemungkinan Rooney mau bergabung dengan skuadnya.

“Bagaimana itu bisa terjadi, saya tidak tahu. Tapi kami berharap. Mungkin bisa terjadi di masa depan, musim depan. Saya tidak tahu. Tapi Rooney akan sangat disambut hangat di Everton,” kata Koeman.

Meski sudah lama meninggalkan Goodison Park, Rooney selalu mengikuti perkembangan klub lamanya itu. Ia selalu mengetahui hasil akhir pertandingan yang dilakoni The Toffees.

“Ia selalu bertanya tentang hasil pertandingan Everton,” kata seorang pemain di Manchester United, beberapa tahun lalu.

Bahkan, Agustus lalu, dalam perayaan 12 tahun bersama Manchester United, Rooney memilih bertanding melawan Everton dalam sebuah pertandingan testimoni. Ia pun berseragam biru khas Everton.

Toh, tentu tak mudah untuk memulangkan kembali Rooney ke kandang lamanya, terutama menyangkut masalah gaji. Saat ini, sesuai dengan kontraknya, ia merupakan pemain bergaji paling tinggi di Old Trafford. Tentu hal itu akan memberatkan keuangan Everton.

Namun hal itu bisa saja terjadi bila Rooney ingin hengkang dari United dan rela menurunkan standar gajinya demi bisa bergabung dengan klub lamanya. Rooney sendiri belum bersuara soal ini.

SPORTS MOLE | DAILY MAIL | IRFAN